Level up your game play! Use DIGICASH for in-game currency to buy items you want.
Menu 

6 Fenomena Khas Musim Hujan di Jepang

#visahat

Awal tahun periode Januari hingga April sebagian besar benua Asia mengalami musim hujan. Indonesia, yang secara geografis berada di garis khatulistiwa, memang hanya mengenal dua musim, sedikit berbeda dengan Jepang. Negeri Sakura memang terkenal dengan 4 musim yang biasa disebut dengan Nihon No Kisetsu yaitu haru (musim semi), natsu (musim panas), aki (musim gugur) dan fuyu (musim dingin). Tiap musim di negeri Samurai itu memiliki ciri khas dan perayaan yang berbeda-beda.

Ketika musim semi di Jepang (dari bulan Maret hingga Mei) bunga-bunga sakura bermekaran dan melakukan kegiatan Hanami. Saat musim panas (antara Juni – Agustus) orang Jepang akan berlibur dan berenang ke pantai.

Ketika musim gugur (dari September – November), hampir semua daun maple atau momiji berubah warna menjadi kemerahan lalu berguguran dan musim panennya aneka jenis makanan alam. Begitu juga ketika musim dingi berlangsung (antara Desember – Februari) hampir sebagian besar wilayah di Jepang akan tertutup salju.
Well, selain keempat musim tersebut Jepang juga memiliki musim hujan yang unik.

Jika ProGamers melihat orang-orang di Jepang ramai-ramai menggunakan payung seperti ini, itu tandanya di sana sedang mengalami Musim Hujan yang disebut dengan Tsuyu.

large

Sebelum memasuki musim panas di Jepang, terjadi musim hujan atau Tsuyu terlebih dahulu. Tsuyu biasanya berlangsung dari pertengahan Juni hingga Juli. Tsuyu bukanlah musim yang menyenangkan, karena hampir setiap hari hujan dan udara sangat lembab sehingga makanan mudah rusak. Tak jarang juga disertai dengan angin yang berhembus sangat kencang dan dingin.
Nah, musim hujan di Jepang berbeda dengan musim hujan di tempat kita yang tropis. Hujan di Jepang memang hanya berupa gerimis atau hujan rintik-rintik, namun dapat berlangsung selama berjam-jam bahkan hingga seharian. Sehingga mau tak mau harus selalu menenteng payung setiap hari kemana pun pergi saat tsuyu datang.

123148.94755514

Selama periode Tsuyu ini Jepang akan terlihat berubah dan memunculkan fenomena unik, beberapa di antaranya :

1. TANAMAN BUNGA HORTENSIA ATAU HYDRANGEA
Tanaman ini sering dikaitkan dengan cerita-cerita Jepang yang berhubungan dengan musim hujan. Tanaman Hortensia (Hydrangea), atau dalam bahasa Jepang bernama ajisai, merupakan tanaman yang terkenal bermekaran dengan indah saat musim hujan. Secara geografis, wilayah Jepang bagian utara seperti Hokkaido tidak mengalami tsuyu, sebaliknya wilayah bagian selatan justru mengalami tsuyu lebih awal.

hydrangea_flowers_by_point_and_shoot_kinda_gal_flickr_7c
Bunga Hydrangea merupakan tanaman perdu yang bisa hidup di tanah pekarangan atau di dekat pagar rumah. Ada banyak jenis dari si bunga cantik ini, akan tetapi yang paling populer adalah species Hydrangea macrophylla. Uniknya warna bunga Hydrangea ini bisa berubah antara biru ungu dan pink merah atau krim pucat tergantung tingkat pH atau derajat keasaman tanah. Tanah yang agak asam akan membuat bunga berwarna biru, sedangkan tanah yang agak basa menghasilkan warna pink atau ungu, dan tanah yang bersifat netral akan menghasilkan bunga berwarna krim pucat.

2. PAYUNG-PAYUNG LUCU
Musim ini dianggap sebagai musim yang tidak stabil di Jepang, karena terkadang hujan bisa turun secara tiba-tiba atau bahkan tidak sama sekali. Masalah yang paling utama saat musim hujan di Jepang adalah kelembabannya. Banyak orang Jepang yang jengkel akan hal ini. Tapi, orang Jepang juga terkenal dengan kreativitas menyikapi keadaan dengan barang-barangnya yang unik dan lucu. Akibat musim hujan, orang-orang pasti akan menggunakan payung saat berpergian. Kalian dapat melihat suasana kota Jepang dengan pemandangan yang indah dihiasi payung-payung yang lucu saat musim ini sedang berlangsung.

cloud-umbrella

3. TEMPAT WISATA YANG TERLIHAT INDAH
Beberapa tempat wisata yang memiliki pepohonan dan padang bunga yang subur akan terlihat indah saat musim ini. Salah satu tempat rekomendasi adalah gunung Koya dan Hakone.

kanagawa-hakone-4
4. JALANAN TERLIHAT LENGANG
Musim hujan membuat orang-orang malas untuk keluar rumah dan berjalan-jalan. Kesempatan ini cocok bagi kalian yang ingin menikmati objek wisata tanpa harus berdesak-desakan dengan orang lain. Tentu saja, kalau kalian tidak peduli dengan basahnya hujan.

rain57

5. WAKTU YANG TEPAT UNTUK MENYIMPAN BANYAK TISU BASAH
Tisu basah dapat menjadi alat yang tepat saat musim ini, karena musim ini badan akan terasa lengket dan lembab. Setidaknya musim ini baik untuk perusahaan tisu basah.

6. Waktunya Bekreasi Membuat Boneka TERU TERU BOUZU !!
Teru teru bouzu merupakan boneka tradisional buatan tangan dari Jepang yang dibuat dan digantung untuk menangkal hujan. Mulai diperkenalkan saat zaman Edo, dan masih digunakan hingga sekarang. Salah satu budaya yang tidak dapat ditemukan di negara lain, dan biasanya hanya dibuat saat musim hujan di Jepang saja.

165084-1466671726-606052

Well, itulah hal-hal menarik saat musim hujan di Jepang. Jadi kalau ProGamers punya rencana jalan-jalan ke Negeri Sakura periode Debruari-Mei, tetap semangat ya…. ( Jangan lupa titip oleh-oleh juga boleh :)

source : japanesestationtensai-indonesia.

comments